Monday, September 28, 2015

Pekerjaan di Bidang IT

Assalamualaikum wrwrb.


Seiring bergulirnya kehidupan ini manusia pasti membutuhkan sebuah penghasilan dan pasti akan melakukan sebuah pengeluaran, maka dari itu tidak ada seorang pun yang tidak memiliki sebuah cita-cita, kadang kala memang cita-cita kita terlalu tinggi. tapi tidak apa itu adalah awal menuju puncak kesuksesan (Like motivators said).

Nah, kali ini saya bakalan ngebahas tentang pekerjaan di dunia IT, ya walaupun pengalaman saya bekerja di bidang IT belumlah terlalu menelan asam garam sih, tapi setidaknya saya mengambil sebuah pelajaran dari pekerjaan saya, yang saat ini sudah resign (i just worked estimated 3 months), saat ini saya menelan bangku kuliah yang tidak banyak teman saya menikmati sebuah kenikmatan ini, saya mengambil jurusan ilmu komputer S1 di fakultas MIPA di sebuah universitas di Bogor.  Ya mudah-mudahan dengan saya berkuliah ini saya bisa menambah ilmu (karena disebutkan disebuah hadist, dan di Al-quran. Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat) dan saya tidak pernah mematok bahwa sebuah ilmu itu selalu ada di sekolah atau di kampus, 60% Ilmu saya, saya dapatkan dari otodidak dan bergrilya di dunia maya di sela-sela kesenggangan waktu saya.

Dimulai Pada saat saya masih SMP kelas 9 saya sudah mulai tertarik dengan IT, khususnya di dunia IT Jaringan (ya Altough IT is large). Saya tertarik di dunia Jaringan ketika saya melihat gambar sebuah rak server, dari situ saya mulai jatuh cinta dengan jaringan.

Oke, Kita masuk materi yang akan saya bawakan yaitu "Pekerjaan di Bidang IT" namun saya tidak membahas pengalaman saya bekerja di bidang it, namun saya membahas pekerjaan pekerjaan yang berkaitan di dunia IT.



IT di Bagi Menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Programmer
  2. Networker
  3. Desginer
dari 3 sub pekerjaan IT tadi itu masih umum dan itu akan dibagi lagi menjadi lebih spesifik

1.Programmer 
 ya, Programmer siapa yang tidak tau programer, yang selalu identik dengan source code (atau kerap disebut codingan) jelas, di sebuah output terdapat ratusan bahkan ribuan bahkan jutaan baris source code yang disusun rapih dan teliti oleh seorang programmer.

Namun, Programmer Dibagi menjadi 3 bagian lagi yaitu:
  • Desktop Programmer
  • Mobile Programmer
  • Web Programmer

dari awalnya saja sudah jelas apa yang menjadi landasan atau tujuan ketiga programmer tersebut, Desktop programmer aadalah programmer yang membuat program berbasis komputer entah itu game, atau aplikasi; Mobile programmer tentu saja programmer yang membuat program berbasis kan mobile entah itu Java, Android, Atau Symbian bahkan blackberryOS.; Web Programmer adalah seorang programmer yang merancang seisi dari sebuah web atau halaman web, tetapi web programmer tanpa seorang web desainer bukanlah apa-apa, akan saya bahas di bawah.

2.Networker
Ini dia, Bagian yang paling saya sukai, didunia jaringan sangatlah luas, namun saya akan membahas tentang head position pekerjaan tersebut (karena bisa membawahi banyak bidang), ya baik networker dibagi menjadi x bagian yaitu:
  1. Network Engineer
  2. System Administator
  3. Network Security
  4. Network Analyst
  5. Network R&D  
sangat banyak sekali dan sangat kompleks sekali pekerjaan pekerjaan di dunia jaringan ini, mulai dari yang pakai kabel tembaga, fiber sampai tanpa kabel pun ada. namun itu semua memiliki sebuah kelebihan dan kelemahan masing-masing nanti saya akan membuatkan artikel tentang kelemahan kabel tembaga, fiber dan wireless (ini janji, i'm swear hehe)

 
3.Designer
ets, gak cuma designer aja yang masuk di kategori ini, semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan multimedia akan masuk ke dalam kategori ini, yaitu:
  1. Designer Video
  2. Designer 3D
  3. Designer Editor
semua bagian designer ini memiliki keahlian masing-masing, sama seperti programmer dan networker, untuk dapat ke bidang yang sebelahnya tentu anda akan sedikit improvisasi keahlian tersebut ya walaupun intinya sama yaitu design, namun kita tidak bisa memandang bulu keahlian di setiap bidangnya karena memiliki tingkat kesulitannya masing-masing (disesuaikan dengan minat dan kemampuan)



Sooo..., itu tadi sedikit artikel yang bisa saya kemukakan, ini juga saya berikan agar anda bisa membuka cakrawala anda mau ke sisi mana anda akan bekerja, namun ini semua kembali kepada diri anda kembali kepada minat dan kemampuan anda dimana inginnya dan dimana kuatnya, adanya yang ingin tapi tidak kuat, ada yang kuat tapi tidak ingin. So, Sesuaikan itu semua akan balance karena ini bukan sebuah pekerjaan yang akan dilakukan sehari dua hari tapi bertahun-tahun.






-Definisi pekerjaan
-Bekerja Sebagai Programmer
-Bekerja Sebagai Networker
-Bekerja sebagai Design
-Dunia Design
-Dunia Network
-Dunia Programmer
-Desktop Programmer
-Web Programmer
-Mobile Programmer
-Network engineer
-Designer